Beranda / Otomotif

IIMS 2023 Beri Edukasi Elektrifikasi Kendaraan Bermotor, Dukung Target Net Zero Emission 2060

otomotif.terasjakarta.id - Sabtu, 25 Februari 2023 | 09:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Moeldoko saat di IIMS 2023 (Dok IIMS 2023)

Moeldoko saat di IIMS 2023 (Dok IIMS 2023)

Penulis : Hartawan
Editor : Hartawan

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Demi mencapai Indonesia Net Zero Emission pada 2060 mendatang, berbagai upaya dilakukan seluruh pihak khususnya pelaku industri kendaraan bermotor tanah air.

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran kendaraan otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023 menunjukkan komitmen terhadap ekosistem kendaraan listrik.

Salah satunya dengan meningkatkan literasi kendaraan elektrik di Indonesia kepada khalayak guna menutup lubang keraguan masyarakat dan menggantinya dengan keyakinan penuh akan era baru masa depan kendaraan yaitu kendaraan listrik yang semakin di depan mata.

Baca Juga : Butuh Compact SUV, Luna Maya Pilih Chery Omoda 5 di IIMS 2023

Hari ini Jumat (24/2/2023) kemarin panggung seminar yang terletak di Hall B3, JIExpo Kemayoran menyuguhkan diskusi menarik dari Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) Moeldoko.

Turut hadir Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung dalam diskusi tersebut. Edukasi elektrifikasi ini dilakukan.

“Dukungan pemerintah terhadap kendaraan listrik, diantaranya melalui INPRES nomor 5 bahwa Pemerintah mendukung kepada seluruh pelaku industri elektrikal vehicle ini dapat berlangsung dan bergerak dengan cepat," tutur Moeldoko.

"3 tahun berikutnya muncul lagi INPRES  yang isinya perintah Presiden kepada jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk beralih dari mobil biasa menuju ke mobil listrik."

Baca Juga : Wow Pengunjung IIMS 2023 di Minggu Pertama Meningkat 24 Persen dari Tahun Sebelumnya

"Dua instrumen ini menjadi pemicu dan pemacu. Pemicu bagi tumbuhnya industri-industri yang terkait dengan kendaraan listrik, serta sebagai Pemacu sebagai masyarakat Indonesia untuk segera beralih ke kendaraan listrik dan kebijakan berikutnya yang memberikan insentif dari Pemerintah untuk masyarakat Indonesia guna meningkatkan konsumsi kendaraan listrik." sambungnya.

Menurutnya, insentif yang diberikan Pemerintah akan membangkitkan demand dan akan membangkitkan ekosistem kendaraan listrik tanah air, mulai dari spare part, baterai hingga yang lainnya.

Ia menambahkan, bahwa kendaraan listrik di masa sekarang ini merupakan sebuah momentum, karena negara ini sedang berada dalam masa start (awal)yang sama dengan kehadiran kendaraan listrik di negara lainnya.

Tak ketinggalan, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia tersebut turut membocorkan bahwa pada tanggal 17-21 Mei 2023, PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) dapat dipastikan akan terlaksana lagi untuk kedua kalinya bersama Dyandra Promosindo.

Baca Juga : J&T Cargo Kasih Diskon Spesial di IIMS 2023 Buat Kirim Paket Besar

Sebagai penutup, Ia menegaskan bahwa seluruh instrumen penggerak kendaraan listrik di masa depan akan hadir seperti UMKM yang menjamur di tanah air.

Setali tiga uang, Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung menyampaikan bahwa ketersediaan berbagai kendaraan listrik mulai dari roda dua hingga roda empat adalah salah satu wujud keseriusan IIMS 2023 untuk terus menjadi salah satu jembatan dari pemerintah untuk mengedukasi masyarakat demi mencapai target bersama yaitu Indonesia Net Zero Emission pada tahun 2060.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PERIKLINDO yang sudah berkenan bekerja sama dengan Dyandra Promosindo. Kami harapkan melalui penyelenggaraan IIMS 2023, wujud sinergitas antar seluruh stakeholder khususnya industri kendaraan listrik dapat terjalin dalam menciptakan suatu inovasi yang baru di masa mendatang.” papar Daswar Marpaung.

Selepas penyampaian pemaparan dalam sesi diskusi, Kepala Staf Kepresidenan beserta rombongan mengelilingi seluruh area pelaksanaan IIMS di JIExpo Kemayoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link