Beranda / Otomotif

Mini Aceman EV, Mobil Crossover Elektrik Pertama yang Dirilis Mini

otomotif.terasjakarta.id - Sabtu, 27 April 2024 | 08:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Mini Aceman Crossover Elektrik Pertama Mini,Mini Aceman SE,Mini Aceman E,Mini Aceman EV,Mini Aceman Elektrik,Mini Cooper EV,Mini Aceman Crossover Elektrik

Mini Aceman resmi diperkenalkan sebagai mobil crossover elektrik pertama dari Mini (Photo: BMW Group)

Penulis : Mendiza Fajardi
Editor : Mendiza Fajardi

JAKARTA-TERASJAKARTA.ID - Mini Aceman, mobil crossover elektrik yang resmi diperkenalkan ke publik untuk memenuhi peran sebagai lini produk Mini elektrik berpintu empat.

Sebelumnya Mini lebih dulu perkenalkan mobil elektrik mereka dengan merilis Cooper SE. Namun, Cooper SE saat ini hanya tersedia dengan versi hatchback berpintu dua.

Aceman dihadirkan sebagai pengganti Clubman yang produksinya sudah terhenti dan mengisi posisi jajaran Mini di antara Cooper dan Countryman.

Baca Juga : Bocoran Tampilan Interior Mini Cooper EV Terbaru, Satukan Masa Lalu dengan Teknologi Modern

Mini Aceman EV 4 (Photo: BMW Group)

Mini Aceman, Desain crossover elektrik yang sederhana tapi tetap menawan

Dari tampilan ekstrior, Aceman memiiliki desain yang menawan seperti karakter Mini pada umumnya. Hanya sedikit perbedaan dari versi Cooper yang memiliki lampu membulat dan versi Countryman yang memiliki body yang lebar nan kokoh.

Bodycladding yang melingkari keseluruhan body juga semakin mempertegas, jika Mini Aceman cukup berhasil tampil sebagai Crossover Sporty tanpa kehilangan karakter Mini.

Desain Aceman memang terbilang cukup sederhana tapi tetap proposional di tiap lekukan, justru hal tersebut membuat bagian belakang terlihat lebih memukau.

Hal sederhana lainnya juga terlihat pada bagian depan yang menggunakan gril berwarna hitam gloss menyerupai kumis mirip seperti versi Copper SE.

Baca Juga : Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik di Indonesa, Neta Sebut Produksi Lokal Dapat Dinikmati Mei 2024

Mini Aceman EV - 6.jpg

Pada interior, Aceman turut berhasil tampil jauh berkelas dengan penggunaan material bahan serta aksen warna yang dipadukan secara tepat dibandingkan versi Mini sebelumnya yang terkesan ramai.

Konsistensi desain sederhana Aceman juga terlihat pada bagian dashboard dengan penyematan layar besar berukuran 9inch yang diletakan pada sisi tengah semakin memperjelas.

Mini Aceman tawarkan kemudahaan kendali melalui desain sederhana yang berkelas

Mungkin mobil ini terbilang cukup sederhana secara tampilan, namun penempatan layar besar ditengah berukuran 9inch tetap menghadirkan fitur infoberkendara dan infortainment kedalam satu kesatuan secara detail.

Baca Juga : Intip Harga Mobil Xpander Hybrid yang Meluncur di Thailand, Indonesia Kapan?

Mini Aceman EV 6 (Photo: BMW Group)

Bahkan Mini Aceman juga menghadirkan fitur cerdas yakni VoiceAssistant yang bisa diaktifkan dengan memberikan perintah suara "Hey Mini".

Selain itu, penempatan panoramic sunroof yang cukup besar membuat Mini Aceman ini memberikan pengalaman berkemudi yang berbeda.

Mini Aceman crossover elektrik dengan kemampuan tangguh berjalan hingga 406 KM.

Kita tahu bukan Mini jika hanya memberikan desain menarik disetiap kendaraan yang ditawarkan, sudah jelas Mini Aceman pasti dibekali performa yang cukup mengagumkan. 

Secara performa Mini Aceman hadir dengan dua varian yakni Mini Aceman E yang menawarkan efisiensi dan Mini Aceman SE untuk performa tinggi serta jarak tempuh yang jauh.

Untuk varian E, dengan dibekali kapasitas baterai 42.5 KWh, Aceman E mampu menempuh jarak hingga 310 KM. 

Mini Aceman E memiliki tenaga sebesar 184 hp dan torsi mencapai 290 Nm, dan dalam pengujian akselerasi 0-100 km/jam, tercatat dapat diraih dalam waktu 7,9 detik.

Adapun Varian SE, dibekali kapasitas baterai yang jauh lebih besar, yakni 54.2 KWh, yang memungkinkan menemppuh jarak higga 406 Km.

Aceman SE secara memiliki tenaga 218 hp dan 330 Nm sudah pasti memberikan peformas yang lebih tinggi dibandingkan varian E.

Dalam uji akselerasi 0-100 Km/Jam, tercatat Aceman SE mampu diraih dalam waktu 7,9 detik.

Mini Aceman EV - 5 (Photo: BMW Group)

Untuk perihal pengisian daya, Mini menjanjikan untuk menawarkan kemudahan dengan pilihan arus AC 11 Kw serta fastcharging.

Untuk Varian Aceman E bisa mengisi daya dengan DC hingga 75 kW dan Aceman SE bisa mengisi daya dengan DC hingga 95 kW.

Dan dalam tes pengisian daya dari 10 persen ke 80 persen dapat diraih dalam waktu kurang dari 30 menit.

Harga Mini Aceman Crossover Elektrik

Walaupun Mini Aceman SE dan E sudah diperkenalkan kepada publik, dikesempatan lain pihak Mini hingga saat ini belum memberikan informasi secara resmi terkait harga Aceman E dan Aceman SE.

Bahkan Mini juga belum menentukan akan memulai menawarkan Mini Aceman Crossover Elektrik di negara mana terlebih dahulu.

Mini Aceman EV 2 (Photo: BMW Group)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link