Beranda / Otomotif

Jasa Marga Sediakan 25 Titik SPKLU di Jalan Tol untuk Mudik Lebaran

otomotif.terasjakarta.id - Jumat, 22 Maret 2024 | 11:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Daftar SPKLU untuk Mobil Listrik di Rest Area Tol ASTRA Infra

Jasa Marga sediakan 25 titik SPKLU di jalan tol untuk pemudik. (Foto: wuling.id)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - PT Jasa Marga (Persero) Tbk sediakan sebanyak 25 titik Stasiun  Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di jalan tol untuk pemudik yang menggunakan mobil listrik pribadi.

25 titik SPKLU ini tersebar di sejumlah rest area milik Jasa Marga Group.

Hal ini dilakukan Jasa Marga untuk memberikan memudahan bagi pemudik yang menggunakan mobil listrik untuk Mudik Lebaran 2024.

Lisye Octaviana selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga mengungkapkan pihaknya berkomitmen meningkatkan pelayanan opersional di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.

Baca Juga : Jelang Mudik, Hyundai Sediakan Mobil Charging Buat Kendaraan Listrik

"Jasa Marga juga mendukung program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai" ujarnya dalam keterangan resmi Kamis, 21 Maret 2024.

Ia juga mangatakan bahwa sebelumnya terdapat 17 titik, namun kini ditambah hingga menjadi 25 titik SPKLU di rest area.

"SPKLU di 25 titik rest area, bertambah dari sebelumnya yang berjumlah 17 titik,” jelasnya.

Baca Juga : Gratis! Warga Jakarta yang Mudik Lebaran Bisa Titip Kendaraan di Polsek Setempat

Sebelumnya, ia mengimbau agar para pengguna tol untuk tidak menggunakan rest area lebih dari 30 menit agar tidak terjadi penumpukan.

"Kita imbau, pengguna rest area untuk bisa bergantian. Misalkan pesan makan atau menggunakan toilet dan beribadah, juga bergantian melakukan charging di SPKLU" jelas Lisye.

Lisye menambahkan bahwa SPKLU yang berada di rest area memiliki sistem pemberitahuan terkait berapa persen mobil listrik terisi.

Oleh karena itu diimbau untuk tidak meninggalkan kendaraan saat sedang melakukan charging.

 

Hyundai Sediakan Mobil Charging untuk Pemudik

Selain Jasa Marga, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) juga menyediakan mobil charging yang dapat dimanfaatkan pemudik yang menggunakan mobil listrik.

Mobil charging disediakan mengingat tahun ini diprediksi ada pemilik Ioniq 5 dan Ioniq 6 akan menggunakan mobil listriknya untuk mudik lebaran.

Hyundai juga menghadirkan Before Service yang berfungsi seperti posko mudik, lokasinya akan tersebar di empat titik, di antaranya tiga titik arus mudik dan satu titik arus balik.

Haris Wiyono selaku Head of Aftersales Services HMID menerangkan bahwa fasilitas Before Cervice cukup lengkap karena di dalamnya terdapat alat pengisian daya untuk mobil listrik.

"Bagi mobil elektrik juga kita punya charger 7 kilowatt, jadi kalau mau nambah daya di sana" pungkasnya Rabu, 20 Maret 2024.

Haris juga menambahkan di sejumlah rest area yang terdapat Before Service disediakan charging station sehingga pengguna kendaraan listrik dapat mengisi daya.

"Di rest area yang sudah ada Before Service kami sediakan charging station, jadi bisa ditambah daya di situ. Kami juga sudah siapin mobile charging juga. Jadi mobile charging ini kami pakai Ioniq 5 yang kami ubah supaya bisa memberikan daya listrik tambahan." sambungnya.

Dengan begitu, Haris berharap adanya mobile charging tersebut dapat membantu pemilik agar tidak antre terlalu lama untuk mengecas di satu titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link